Kelompok Mata Kuliah Bidang Hayati | Kelompok Mata Kuliah Bidang Non Hayati |
1. Humanis, religius dan memiliki integritas dan mampu bekerja sesuai dengan nilai-nilai etika ilmiah. | 1. Humanis, religius dan memiliki integritas dan mampu bekerja sesuai dengan nilai-nilai etika ilmiah |
2. Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan kimia hayati dalam memecahkan permasalahan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. | 2. Mampu menguasai sifat dan kereaktivan unsur dan senyawa anorganik |
3. Terampil dalam melaksanakan prosedur standar dan melakukan evaluasi prosedur laboratorium kimia hayati. | 3. Mampu menguasai konsep energitika, kinetika, dan mekanisme reaksi kimia.
|
4. Mampu mengolah, mengevaluasi dan menginterpretasi data dan informasi yang berkaitan dengan bidang kimia hayati serta menghubungkannya dengan teori yang sesuai | 4. Mampu menguasai teori metode pemisahan lanjut dan aplikasinya
|
5. Mampu menerapkan prinsip thermodinamika dan aplikasinya dalam bidang hayati. | 5. Mampu menguasai manajemen laboratorium dan aplikasinya secara komprehensif |
6. Mampu mangaplikasi dan menganalis teknik penentuan struktur kimia bidang hayati. | 6. Mampu menganalisis, mengolah dan menginterpretasikan data hasil pengukuran laboratorium |
7. Mampu memahami penerapan jalur sintesis metabolit primer dan sekunder. | 7. Mampu memahami teknik dan metode analisis terbaru |
8. Mampu merencanakan dan melaksanakan sintesis bidang kimia hayati. | 8. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam mineral untuk memberikan nilai tambah. |
9. Mampu mengaplikasikan teknologi modern dalam pengembangan senyawa biomolekul. | 9. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan polimer alam dan sintesis untuk pengembangan dan aplikasi alternatif yang berkelanjutan. |
10. Mampu menerapkan mekanisme dan kinetika reaksi senyawa hayati. | 10. Mampu menguasai konsep katalisis kimia dan aplikasinya dalam pemanfaatan sumber daya alam lokal. |
11. Mampu melakukan inovasi penelitian ilmiah bidang hayati. | 11. Mampu menguasai dan mengembangkan metode analisis berbasis sensor kimia |
12. Mampu menyajikan materi ilmiah bidang hayati dan menyampaikan argumen baik secara lisan dan tulisan. | 12. Mampu menguasai dan memahami konsep perbedaan fase, metode kuantifikasi dan riset terkini dalam bidang kromatografi. |
13. Terampil menggali informasi dari sumber primer dan sekunder, secara manual dan online, termasuk berkomunikasi melalui internet. | 13. Mampu menguasai dan memahami konsep interaksi logam dan senyawa organik serta aplikasinya.
|
14. Terampil secara intra- dan inter-personal dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan. | 14. Mampu menguasai faktor-faktor penentu reaksi dan sintesis senyawa baru. |
15. Mampu menghasilkan tesis, karya tulis ilmiah dalam bentuk publikasi jurnal ke dalam bahasa Indonesia dan mempertahanlan dalam seminar/ sidang proposal penelitian dan tesis | 15. Mampu menguasai konsep-konsep dasar analisis lingkungan dan parameter analisis kimia lingkungan.
|
16. Mampu menguasai jenis dan -sifat material, disain dan rekayasa material serta penggunaannya dalam riset dan industri. | |
17. Mampu menganalisis dan memahami struktur molekul dan menginterpretasikan data spektroskopi. | |
18. Mampu menguasai dan menumbuhkan budaya inventif dan inovatif dalam pemanfaatan polimer dan material anorganik sebagai bahan dasar membran. | |
19. Mampu menerapkan konsep keilmuan kimia untuk memecahkankan masalah lingkungan dan kehidupan sehari-hari | |
20. Mampu menghasilkan tesis, karya tulis ilmiah dalam bentuk publikasi jurnal ke dalam bahasa Indonesia dan mempertahanlan dalam seminar/sidang proposal penelitian dan tesis |